Pelatihan Pengisian Instrumen Akreditasi Pada Satuan PAUD di Kabupaten Kupang

Efraim Semuel Nalle, Retno Jeki Krisnadina Lopo, Rebeka Filda Hawali, Petrus Logo Radja, Anita A Hege Udju

Abstract


The purpose of early childhood education is to provide basic concepts that have meaningfulness for children through real experiences that allow children to show optimal activity and curiosity, therefore the need for a quality PAUD unit is evidenced by being accredited by the PAUD unit by the National Accreditation Board. The problems that occur in the PAUD unit have not been accredited because educators and managers do not know the instruments and documents that must be prepared, the management of institutional management has not been organized and learning planning has not been thoroughly understood and has not been properly arranged. The methods used in the implementation of the program are providing socialization of the 2013 curriculum, providing training on the preparation of learning implementation plans in PAUD and providing training on filling out accreditation instruments to educators and managers. From the results of the activities, participants were not only able to understand the 2013 PAUD curriculum but were able to design a learning implementation plan correctly. Participants are also able to upload documents based on these eight standards online because the application for PAUD accreditation is carried out centrally only online at SISPENA, to log in using the password owned by each PAUD. By understanding the curriculum and planning of learning programs as well as accredited status, the community can entrust early childhood to be educated or schooled in these schools.

Keywords: accreditation; training; socialization

 

Abstrak

Tujuan pendidikan anak usia dini adalah memberikan konsep-konsep dasar yang memiliki kebermaknaan bagi anak melalui pengalaman nyata yang memungkinkan anak untuk menunjukkan aktivitas dan rasa ingin tahu secara optimal, oleh karena itu diperlukannya satuan PAUD yang berkualitas dibuktikan dengan terakreditasi satuan PAUD oleh Badan Akreditasi Nasional. Permasalahan yang terjadi di satuan PAUD belum terakreditasi karena pendidik dan pengelola belum mengetahui instrumen dan juga dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan, manajemen pengelolaan lembaga belum tertata dan perencanaan pembelajaran belum dipahami secara menyeluruh serta belum tersusun dengan baik. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan program adalah memberikan sosialisasi kurikulum 2013, memberikan pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran di PAUD dan memberikan pelatihan tentang pengisian instrumen akreditasi pada pendidik dan pengelola. Dari hasil kegiatan peserta tidak hanya mampu memahami kurikulum 2013 PAUD tetapi dapat merancang rencana pelakasanaan pembelajaan dengan benar. Peserta juga mampu mengunggah dokumen-dokumen berdasarkan delapan standar tersebut secara online karena pengajuan akreditasi PAUD dilaksanakan terpusat hanya dengan online di SISPENA, untuk login menggunakan password yang dimiliki oleh masing-masing PAUD. Dengan memahami kurikulum dan perencanaan program pembelajaran serta status terakreditasi baik masyarakat dapat mempercayakan anak usia dini dididik atau disekolahkan di sekolah-sekolah tersebut.

Kata Kunci: akreditasi; pelatihan; sosialisasi


Full Text:

PDF (B.INDONESIA)

References


Akbar, F.M., Jaya, H, F. Duwikola, R. 2020. Pendampingan Persiapan Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini Dan Pendidikan Non Formal Pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Gedong Tataan Pesawaran Lampung. Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Asiah, S.N. “Analisis Manajemen PAUD Berbasis Standar Akreditasi PAUD Dan PNF Di Kutai Kartanegara.†Syamil 6 No 1 (2018).

Muldiani, R.F. dkk. “Peningkatan Manajemen Mutu Pos PAUD Melati 10 Dan Kenanga 12 Menuju Persiapan Akreditasi Paud.†Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 10 No 1 (2020).

Nurzannah., Harfiani. R. “PKM Pengembangan Kurikulum 2013 PAUD Bagi Guru-Guru LPPTKA-BKPRMI Kota Medan.†Jurnal Pengabdian Masyarakat 1 No 1 (2019).

Sudjana, N. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2005.

Sujiono. Y, Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks, 2019.

Ulfi, M., Dkk. “Profil Hasil Akreditasi PAUD Dan PNF Di Kota Bengkulu Dan Kabupaten Seluma Tahun 2016 Dan 2017.†Universitas Bengkulu, 2018.

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini., 2014.

Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, 2003.




DOI: https://doi.org/10.53547/realcoster.v6i1.233

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

                 

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address: Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/coster
e-ISSN: 2807-6044

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. All Rights Reserved.