Melatih Anak Membaca, Menulis dan Berhitung di Desa Sianipar Siopatopat Balige
Abstract
Education is a help given by educators to educators to develop their interests or talents. Education includes four things, one of which is head education, which is training thinking intelligence. Reading, writing and numeracy are part of head education. In this service, the team found that there are still many children in Sianipar Siopatopat Balige village who have not been able to read, write and count smoothly while they have undergone formal education. This happens due to several factors including the economic existence of parents who are not enough to provide additional tutoring for children, a distance of about 2 km from the residence to the place of study which makes it difficult for children to adjust the time and learning facilities that are still relatively minimal, therefore in this service activity the team conducts reading training, write and count to children in the village of Sianipar Siopatopat Balige. The purpose of this activity is to further increase children's knowledge and insight in writing, reading and arithmetic. This PkM activity is carried out by means of meetings that have been scheduled for ten meetings and it is hoped that children will be helped in doing the tasks given by teachers in formal schools.
Keywords: counting; education; read; write
Abstrak
Pendidikan merupakan pertolongan yang diberikan pendidik kepada naradidik untuk mengembangkan minat ataupun bakat yang dimiliki oleh seseorang. Pendidikan mencakup empat hal salah satunya adalah pendidikan head yaitu melatih kecerdasan berpikir. Membaca, menulis dan berhitung merupakan bagian dari pendidikan head. Dalam pengabdian ini tim menemukan masih banyak anak-anak di desa Sianipar Siopatopat Balige yang belum dapat membaca, menulis dan berhitung dengan lancar sementara mereka telah menjalani pendidikan formal. Hal ini terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya keberadaan ekonomi orang tua yang tidak cukup untuk memberikan les tambahan bagi anak, jarak tempuh sekitar kurang lebih 2 Km dari kediaman ke tempat belajar yang menyebabkan anak-anak sulit untuk menyesuaikan waktu dan fasilitas belajar yang masih tergolong minim, oleh karena itu dalam kegiatan pengabdian ini tim melakukan pelatihan membaca, menulis dan berhitung kepada anak-anak di desa Sianipar Siopatopat Balige. Adapun tujuan kegiatan ini dilakukan adalah untuk semakin meningkatkan pengetahuan dan wawasan anak-anak dalam menulis, membaca dan berhitung. Kegiatan PkM ini dilakukan dengan cara adanya pertemuan yang telah dijadwalkan selama sepuluh kali pertemuan dan diharapkan anak-anak terbantu di dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru di sekolah formal.
Kata Kunci: berhitung; pendidikan; membaca; menulis
Full Text:
PDF (B.INDONESIA)References
Damanik Roy, Ely Rahmayanti Ginting, Abel Ninggor Lumbantoruan, Adel Yanti Br Mangunsong, Fitra Jaya Telaumbanua, Master Martias Lumban Toruan, Meykarno Simamora, Purwisasi Yuli, Young Sook Kim, dan Herto Efendi Simatupang. “Upaya Pendampingan Belajar Anak Melalui Kegiatan Calistung Di Pulau Semukit Galang.” Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 2 (2022): 124–33. https://doi.org/10.53547/realcoster.v5i2.227.
Djiwandono, Sri Esti Wuryani. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Gramedia, 2002.
“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Kamus Versi Online/Dalam Jaringan, n.d.
R.I, Suhartin. Smart Parenting. Jakarta: Gunung Mulia, 2010.
Rahmawati, Rahmawati. “Komunitas Baca Rumah Luwu Sebagai Inovasi Sosial Untuk Meningkatkan Minat Baca Di Kabupaten Luwu.” Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah 4, no. 2 (2020): 158–68. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i2.32593.
Sylvia, Rimm. Mendidik Dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Prasekolah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2002.
Tafonao Talizaro, Fransiskus Irwan Widjaja, Sabar Manahan Hutagalung, Haposan Simanjuntak, Vicky B. G. D. PAAT, Sihar Lamhot Simatupang, dan Juntriman Purba. “Pendampingan Dan Peningkatan Literasi Siswa Melalui Gerakan Membaca Di Masa Pandemi Di Desa Mentuda Kecamatan Lingga Kabupaten Lingga.” REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 1 (2021): 20–25. https://doi.org/10.53547/rcj.v4i1.97.
Windrawati, Wiyani, Solehun Solehun, and Harun Gafur. “Analisis Faktor Penghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Inpres 141 Matalamagi Kota Sorong.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 2, no. 1 (2020): 10–16. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.405.
DOI: https://doi.org/10.53547/realcoster.v6i1.244
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address: Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.
Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/coster
e-ISSN: 2807-6044
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. All Rights Reserved.