Peningkatan Kemandirian dan Kapabilitas Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Tulang Bawang Barat

Saedo Marbun, Nova Ritonga, Mathan Yunip, Setiaman Larosa, Hermito Gidion

Abstract


Indeed, Children with Special Needs have the same right to be treated. The negative stigma directed at Children with Special Needs is very detrimental. For this reason, Children with Special Needs need to be helped to have independence so that the negative stigma can change. By having independence, Children with Special Needs will be able to help themselves and no longer be a burden both for the family and the community. The independence and capability of children with special needs at West Tulang Bawang State Special School still needs to be improved and parents do not have a full understanding of how to help Children with Special Needs to be independent. This Community Service is carried out to help parents strive for independence and capability of children with special needs at home.  Community Service is carried out through seminars and training to parents of students and teachers of the West Tulang Bawang State Special School. Based on the observations during and after this activity was carried out, the parents were very enthusiastic shown by the many questions and the recognition of the teachers that this activity was very helpful for parents and teachers in striving for the independence and capability of students; And the learning media and hygiene tools provided have also been used in the learning process and in cleaning classrooms and schools.

Keywords: children with special needs; independenc; capabilities.


Abstrak

Sesungguhnya Anak Berkebutuhan Khusus memiliki hak yang sama untuk diperlakukan. Stigma negatif yang ditujukan kepada Anak Berkebutuhan Khusus sangatlah merugikan. Untuk itu, Anak Berkebutuhan Khusus perlu ditolong agar memiliki kemandirian sehingga stigma negatif tersebut dapat berubah. Dengan memiliki kemandirian, Anak Berkebutuhan Khusus akan mampu menolong dirinya sendiri dan tidak lagi menjadi beban baik bagi keluarga dan juga masyarakat. Kemandirian dan kapabilitas anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Negeri Tulang Bawang Barat masih perlu ditingkatkan dan para orang tua belum memiliki pemahaman sepenuhnya bagaimana cara menolong Anak Berkebutuhan Khusus agar dapat mandiri. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan untuk menolong orang tua dalam mengupayakan kemandirian dan kapabilitas anak berkebutuhan khusus di rumah. Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan melalui seminar dan pelatihan kepada orang tua peserta didik dan guru Sekolah Luar Biasa Negeri Tulang Bawang Barat. Berdasarkan hasil observasi selama dan setelah kegiatan ini dilakukan, para orang tua sangat antusias ditunjukkan dengan banyaknya pertanyaan dan adanya pengakuan para guru bahwa kegiatan ini sangat menolong orang tua dan guru dalam mengupayakan kemandirian dan kapabilitas peserta didik; dan media belajar dan alat-alat kebersihan yang diberikan juga telah digunakan dalam proses pembelajaran dan dalam membersihkan kelas dan sekolah.

Kata Kunci: anak berkebutuhan khusus; kemandirian; kapabilitas.


Full Text:

PDF (B.Indonesia)

References


A. Priamsari, RR. Putri. “Hukum Yang Berkeadilan Bagi Penyandang Disabilitas.†Masalah-Masalah Hukum 48, no. 2 (2019): 215.

Albrecht, Gary L, Sharon L. Snyder, dan Jerome Bickenbach, ed. Encyclopedia of Disability. SAGE, 2006.

Candra Pratiwi, Jamilah. “Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,†no. November (2015): 237–242.

Faradina, Novira. “Penerimaan Diri Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Berkebutuhan Khusus.†Psikoborneo 4, no. 1 (2016): 18–23.

Gede, Dewa, dan Sudika Mangku. “Perlindungan Hukum Terhadap Anak-Anak Disabilitas Terkait Hak Pendidikan di Kabupaten Buleleng†(2020): 353–365.

Husna, Faiqatul, Nur Rohim Yunus, dan Andri Gunawan. “Hak Mendapatkan Pendidikan Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Dalam Dimensi Politik Hukum Pendidikan.†SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i 6, no. 2 (2019): 207–222.

Muhammad, Syafi’ie. “Pemenuhan Aksesibilitas Bagi Penyandang Disabilitas.†Inklusi 1 (2014): 269–290.

Musoliyah, Astri. “Pemenuhan Hak-hak Anak Berkebutuhan Khusus dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas: Studi Kasus Di Desa Sonoageng Kecamatan Prambon Kabupaten Nganjuk.†Journal of Family Studies 3, no. 2 (2019): 1–12.

Pawestri, Aprilina. “Hak penyandang disabilitas dalam perspektif HAM internasional dan nasional.†Era Hukum 2, no. 1 (2017): 1–19.

Setyaningsih, Santi. “Analisis Situasi Penyandang Disabilitas Di Indonesia : Sebuah Desk-Review Oleh : Irwanto Eva Rahmi Kasim Asmin Fra ...,†no. November (2010).

Somantri, T. Sutjihati. Psikologi Anak Luar Biasa. Diedit oleh Rose Herlina. Bandung: Refika Aditama, 2006.

Susanto, Sigit Eko. “Penerimaan Orang tua terhadap Kondisi Anaknya yang Menyandang Autisme di Rumah Terapis Little Star.†Jurnal Psikosains 9, no (2014): 140–152.

Triyanto, Triyanto, dan Desty Ratna Permatasari. “Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi.†Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan 25, no. 2 (2016): 176–186.

“Amanah.†Kamus Besar Bahasa Indonesia.

“Mereka Hebat , Luar Biasa….†bundaabim.wordpress.com. Last modified 2015. https://bundaabim.wordpress.com/2015/07/.




DOI: https://doi.org/10.53547/realcoster.v6i2.363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

                 

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address: Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/coster
e-ISSN: 2807-6044

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. All Rights Reserved.