Upaya Pendampingan Belajar Anak Melalui Kegiatan Calistung di Pulau Semukit Galang

Roy Damanik, Ely Rahmayanti Ginting, Abel Ninggor Lumbantoruan, Adel Yanti Br Mangunsong, Fitra Jaya Telaumbanua, Master Martias Lumban Toruan, Meykarno Simamora, Purwisasi Yuli, Young Sook Kim, Herto Efendi Simatupang

Abstract


Learning mentoring is an activity to provide assistance by a companion to individuals or groups who need help. The children on Semukit Island are the focus of this activity, children are lagging behind in reading, writing, and arithmetic. This is evidenced by the presence of children who cannot distinguish letters, cannot write, and have difficulty working on addition problems that should be done in a short time. When carrying out calistung learning mentoring, the community service team uses a mentoring strategy with an individual approach, namely one teacher accompanies a minimum of 1 child and a maximum of 3 children. This activity aims to help children catch up on lessons due to the pandemic period, where children miss lessons that are held online. Thus, children will be able to improve learning achievement. This writing uses participatory action research, where this research is to examine the educational process carried out in the community, namely Semukit Island located in Galang, Riau Islands. As a result of this assistance, children are able to recognize letters, read, write, do math, read and memorize English vocabulary.

Keywords: children; study; calistung; accompaniment; semukit island

 

Abstrak

Pendampingan belajar merupakan kegiatan memberikan pertolongan oleh seorang pendamping kepada individu ataupun kelompok yang membutuhkan pertolongan. Anak-anak di Pulau Semukit menjadi fokus kegiatan ini, anak-anak mengalami ketertinggalan dalam membaca, menulis, dan berhitung. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya anak-anak yang belum bisa membedakan huruf, tidak bisa menulis, dan kesulitan untuk mengerjakan soal penjumlahan yang seharusnya bisa dikerjakan dalam waktu singkat. Saat melaksanakan pendampingan belajar calistung, tim PkM menggunakan strategi pendampingan dengan pendekatan individual, yakni satu pengajar mendampingi minimal 1 anak dan maksimal 3 anak. Kegiatan ini bertujuan untuk menolong anak-anak dalam mengejar ketertinggalan pelajaran akibat masa pandemi, di mana anak-anak ketinggalan pelajaran yang dilaksanakan secara online. Dengan demikian, anak-anak akan mampu meningkatkan prestasi belajar. Penulisan ini menggunakan penelitian participatory action reseach, di mana penelitian ini adalah untuk meneliti proses pendidikan yang dilaksanakan di tengah masyarakat, yakni Pulau Semukit yang terdapat di Galang Kepualauan Riau. Hasil dari pendampingan ini, anak-anak sudah bisa mengenal huruf, membaca, menulis, mengerjakan matematika, membaca dan menghafal kosakata Bahasa Inggris.

Kata kunci: anak; belajar; calistung; pendampingan; pulau semukit


Full Text:

Pdf (B.Indonesia)

References


Bogdan, Robert C., and Taylors K.B. Qualitative Researtch for Education An Introduction to Theory and Metdods. Boston: Allyn and Bacon, Inc, 1992.

Damanik, Roy. “Strategi Pendampingan Belajar Oleh Relawan Dengan Pendekatan Individual Di Pulau Semukit Kepulauan Riau.†DIDAXEI 3, no. 1 (2022): 367–376.

Faruqi, Dwi. “Strategi Pendampingan Pembelajaran Anak Oleh Orang Tua Dengan Pendekatan Individual Learning-Centered Di Sd Negeri Sridadi.†JePKM 2, no. 2 (2021).

Khasanah, Ayu Zumaroh. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Underachiever Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa SD Negeri Pekunden Semarang.†Universitas Negeri Semarang, 2013.

Maisaroh, Siti, and Danuri Danuri. “Pendampingan Belajar Anak Usia Sekolah Terdampak Covid-19 Di Forum Pendidikan Anak Negeri Magelang.†Jurnal Berdaya Mandiri 4 (1), no. 1 (2022).

Pahmi, Samsul, Anisa Suciani, Risma Yulianti, Cantikka Silvana Putri, and Trifani Sagita. “Pendampingan Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Minat Belajar Siswa Di Desa Gegerbitung.†Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4, no. 1 (2021): 55–59.

Rosaria, Dewi, and Hartatya Novika. “Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31Handil Bhakti.†Jurnal Pengabdian Al-Ikhlas 2, no. 2 (2018).

Yuniati, Ester, and Meike Rondo. “Membangun Kemitraan Sekolah Dan Keluarga Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi.†DIDAXEI 2, no. 2 (2021).

“Semukit Kecil Island.†Wikimapia. Last modified 2022. http://wikimapia.org/20351112/Semukit-Kecil-Island.

Tim Pengajar STT Basom, Survey Lapangan Saat Pelaksanaan Pendampingan (2022).




DOI: https://doi.org/10.53547/realcoster.v5i2.227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

                 

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address: Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/coster
e-ISSN: 2807-6044

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. All Rights Reserved.