Perspektif Pendidikan Agama Kristen Terhadap Pendidikan Progresivisme

Go Heeng, Antonius Sinaga, Yunardi Kristian Zega, Megariana Megariana, Efvi Noyita

Abstract


The correlation between progressivism education and Christian education lies in the same importance, namely producing students who have the ability and expertise from extracting students' talents and interests to the maximum in the learning process. Progressivism born with DNA necessitates a change in a more progressive direction. The values brought by progressivist education when faced with Christian religious education need to go through a selective process. This is because the basis for the development of this education system has differences. Progressivism education is built with the worldly concept of achieving world achievements, while Christian education is built with the concept of eternity because it is related to faith in Christ. The analysis found by the author regarding the perspective of Christian education on progressivism education, among others: 1) dynamic truths for progressivist education do not apply to Christian education because the truth in Christian education is final, 2) too giving freedom to students without providing clear boundaries, while for Christian education freedom is limited by the values of Christ. 3) the role of teachers is very important for students in Christian education because in addition to providing knowledge, teachers must also provide examples of living in accordance with Christ.

Keywords: Christ; christian religious education; progressivism education

 

Abstrak

Korelasi antara pendidikan progresivisme dengan pendidikan agama Kristen terletak pada kepentingan yang sama yaitu melahirkan peserta didik yang memiliki kemampauan dan keahlian dari penggalian bakat dan minat peserta didik secara maksimal dalam proses pembelajaran. Progresivisme terlahir dengan DNA mengharuskan sebuah perubahan ke arah yang lebih maja kemajuan. Nilai-nilai yang dibawa oleh pendidikan progresivisme ketika diperhadapkan dengan pendidikan agama Kristen perlu melalui proses yang selektif. Hal ini karena dasar pembangunan sistem pendidikan ini memiliki perbedaan. Pendidikan progresivisme dibangun dengan konsep duniawi yaitu terletak kepada pencapain pencapain dunia, sementara pendidikan agama kristen dibangun dengan konsep kekekalan karena berkaitan dengan iman di dalam Kristus. Analisis yang ditemukan penulis perihal perspektif pendidikan agama kristen terhadap pendidikan progresivisme, antara lain: 1) kebenaran yang bersifat dinamis bagi pendidikan progresivisme tidak berlaku bagi pendidikan agama Kristen karena kebenaran pada pendidikan agama Kristen sudah final, 2) terlalu memberikan kebebasan pada peserta didik tanpa memberikan batasan-batasan yang jelas, sementara bagi pendidikan agama Kristen kebebasan dibatasi dengan nilai-nilai Kristus. 3) peran guru sangat penting bagi peserta didik dalam pendidikan agama Kristen karena selain memberikan ilmu guru juga harus memberikan teladan hidup yang sesuai dengan Kristus.

Kata kunci: Kristus; pendidikan agama kristen; pendidikan progresivisme


Full Text:

PDF (B.INDONESIA)

References


Abd, M. (2015). Filsafat dalam Pendidikan.

Amiman, R. V. (2018). Penatalayanan Gereja di Bidang Misi Sebagai Kontribusi Bagi Pelaksanaan Misi Gereja. Missio Ecclesiae, 7(2), 164–187. https://doi.org/10.52157/me.v7i2.85

Anggraini, Y. S., Desyandri, D., & Erita, Y. (2022). Pandangan Filsafat Progresivisme terhadap Konsep Merdeka Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 6(4), 10913–10917.

Boiliu, F. M., & Zega, Y. K. (2022). Orangtua dan Guru Sebagai Pengembang Misi Melalui Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 6(1), 71–88. https://doi.org/10.33541/shanan.v6i1.3702

Fadlillah, M. (2017). Aliran Progresivisme Dalam Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 17–24. https://doi.org/10.24269/dpp.v5i1.322

Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 155–164. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Mangata. (2021). Wacana Rekonstruksi Realita. Guepedia.

Pandie, R. D. Y., Zega, Y. K., Harefa, D., Nekin, S. M., Sapalakkai, R. S., & Sophia, S. (2022). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah. REAL DIDACHE: Journal of Christian Education, 2(1), 15–29. https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.150

Purwoto, P., Budiyana, H., & Arifianto, Y. A. (2020). Landasan Teologis Pendidikan Kristen Dalam Perjanjian Baru Dan Relevansinya Bagi Pendidikan Kristen Masa Kini. DIDAKTIKOS: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 3(1), 34–48. https://doi.org/https://doi.org/10.32490/didaktik.v3i1.38

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Restian, A. (2020). Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi (2nd ed.). UMMPress.

Ruslan, R. (2018). Perspektif Aliran Filsafat Progresivisme Tentang Perkembangan Peserta Didik. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i2.372

Sahertian, M. (2019). Pendidikan Agama Kristen dalam Sudut Pandang John Dewey. Jurnal Teruna Bhakti, 1(2), 101. https://doi.org/10.47131/jtb.v1i2.18

Salu, V. R. R., & Triyanto, T. (2017). Filsafat Pendidikan Progresivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan Seni di Indonesia. Imajinasi: Jurnal Seni, 11(1), 29–42.

Saragih, H., Hutagalung, S., & Mawati, A. T. (2021). Filsafat Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Sianipar, D., Hasugian, J. W., Sairwona, W., Zega, Y. K., & Ritonga, N. (2021). Classroom Management of Christian Religious Education During the Covid-19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(4), 7585–7596. https://doi.org/10.33258/birci.v4i4.2674

Sianipar, D., Sairwona, W., Hasugian, J. W., Ritonga, N., & Zega, Y. K. (2021). Teaching anti-discrimination attitudes through christian religious education in school. International Journal for Educational and Vocational Studies, 3(4), 275. https://doi.org/10.29103/ijevs.v3i4.4101

Sianipar, D., Sairwona, W., Hasugian, J. W., Zega, Y. K., & Ritonga, N. (2022). Pendidikan Kristen Antisipatif-Transformatif: Revitalisasi Fungsi Didaskalia untuk Ketahanan Pemuda Kristen di Era Transnasionalisme. DUNAMIS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 6(2), 761–781. https://doi.org/10.30648/dun.v6i2.743

Sianipar, D., Zega, Y. K., Nehe, L., & Kristiantoro. (2020). Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja di HKBP Jatisampurna Bekasi. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan, 2(2), 447–457. https://doi.org/10.33541/cs.v2i2.1964

Siburian, H. H., & Wicaksono, A. (2019). Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini. FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika Dan Praktika, 2(2), 207–226. https://doi.org/10.34081/fidei.v2i2.75

Simanjuntak, J. (2017). Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Kristen. ANDI.

Soeliasih, S. (2019). Penerapan Prinsip Pemuridan Elia dalam Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Teologi Berita Hidup, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.38189/jtbh.v2i1.23

Sopacua, J., & Fadli, M. R. (26 C.E.). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 1(2022), 1–14.

Susanto, A. (2017). Proses Habituasi Nilai Disiplin Pada Anak Usia Dini dalam Kerangka Pembentukan Karakter Bangsa. Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, 15(1).

Tung, K. Y. (2013). Filsafat Pendidikan Kristen: Meletakkan fondasi dan Filosofi Pendidikan Kristen di Tengah Tantangan Filsafat Dunia. Penerbit ANDI.

Wiyono, H. (2012). Pendidikan Karakter dalam Bingkai Pembelajaran di Sekolah. CIVIS: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Pendidikan Kewarganegaraan, 2(2).

Zega, Y. K. (2021). Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga : Upaya Membangun Spiritualitas Remaja Generasi Z. JURNAL LUXNOS, 7(1), 105–116. https://doi.org/10.47304/jl.v7i1.145

Zega, Y. K. (2022). Peran Guru PAK Memanfaatkan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik. Jurnal Apokalupsis, 13(1), 70–92. https://doi.org/10.52849/apokalupsis.v13i1.41




DOI: https://doi.org/10.53547/rdj.v3i1.373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By:

              

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

Address:Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/index
e-ISSN: 2774-2512

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REAL DIDACHE: Journal of Christian Education. All Rights Reserved.