Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme bagi Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Sekolah
Abstract
The implementation of teaching and learning activities becomes more effective if you pay attention to the use of learning theory in the classroom environment. However, the fact is that there are still some learning implementations that ignore this, so that learning outcomes are not in accordance with the achievement targets. One of the learning theories that is often used is constructivism learning theory. This learning theory gives students the freedom to build their own knowledge according to what is learned in the learning environment. The means of supporting the implementation of constructivism learning theory is technology. Technology makes it easy for educational practitioners to explore innovative patterns and materials to make an impact on students. Therefore, the purpose of writing this article is to explain the application of constructivism learning theory in Christian religious education in schools. The method in this research is a literature study method which refers to data or references related to the topic raised. Researchers collect various theories and information from library materials and conduct analytical studies of various written sources that can be justified academically. The results of this study are constructivism learning theory plays an important role in Christian religious education in schools, because it can provide space for students to easily learn by using technology, and make it easier for students to get opportunities to learn more independently.
Keywords: Christian Religious Education; School; Technology; Constructivism Learning Theory
Â
Abstrak
Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar menjadi lebih efektif jika memperhatikan penggunaan teori belajar dalam lingkungan kelas. Namun, faktanya masih terdapat beberapa pelaksanaan belajar yang mengabaikan hal tersebut, sehingga hasil belajar tidak sesuai dengan target pencapaian. Salah satu teori belajar yang sering digunakan adalah teori belajar konstruktivisme. Teori belajar ini memberikan kebebasan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri sesuai dengan apa yang dipelajari dalam lingkungan belajar. Sarana pendukung implementasi teori belajar konstruktivisme adalah teknologi. Teknologi memberikan kemudahan bagi praktisi pendidikan untuk mengeksplorasi pola dan materi yang inovatif agar memberikan dampak bagi siswa. Oleh sebab itu, tujuan dari penulisan artikel ini untuk menjelaskan tentang penerapan teori belajar konstruktivisme dalam pendidikan agama Kristen di sekolah. Metode dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka yang mengacu pada data atau referensi yang berkaitan dengan topik yang diangkat. Peneliti mengumpulkan berbagai teori dan informasi dari bahan kepustakaan dan melakukan kajian analitis terhadap berbagai sumber tertulis yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademik. Hasil dari penelitian ini adalah teori belajar konstruktivisme berperan penting dalam pendidikan agama Kristen di sekolah, karena dapat memberikan ruang kepada siswa untuk mudah belajar dengan menggunakan teknologi, serta memudahkan siswa untuk mendapatkan kesempatan belajar secara lebih mandiri.Â
Kata Kunci: Pendidikan Agama Kristen; Sekolah; Teknologi; Teori Belajar KonstruktivismeFull Text:
PDFReferences
Armansyah. 2013. “Bagan Teori Belajar.â€
Boiliu, Fredik Melkias, and Solmeriana Sinaga. 2021. “Pandangan Pembelajaran Pendidikan Aagama Kristen Berbasis Student Centered Learning Di Sekolah.†Journal Education and Development 9(2):120–26.
Ergusni. 2021. Pemikiran Konstruktivistik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar. 11. Sumatera Barat.
Euis Nurhidayati. 2017. “Pedagogi Konstruktivisme Dalam Praksis Pendidikan Indonesia.†Indonesian Journal Of Educational Counseling 1(1):1–14.
Feida Noorlaila Isti`adah. 2020. Teori-Teori Belajar Dalam Pendidikan - Google Books. edited by Permana Rahmat. Tasikmalaya: Edu Publisher.
Halim Purmomo. 2019. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: LP3M Universitas Muhammsdiyah Yogyakarta.
Hari Subagyo. 2018. “Tampilan Metode Index Card Match Meningkatkan Prestasi Belajar PKn.†JURNAL PENDIDIKAN: Riset & Konseptual Volume 2(2):115–19.
Hillir, Alwi. 2021. Teknologi Pendidikan Di Abad Digital. pertama. edited by SInggih Subiantoro. Klaten: Lakeisha.
Hutahaen, Wendy Sepmady. 2021. Teori Kepemimpinan. Malang: Ahlimedia Press.
Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangn. Jakarta: Prenamedia Group.
Lynn H Turner, Richard West. 2014. Pengantar Teori Komunikasi. Jakarta: Salemba Humanika.
Manafe, Vally, and Vanny Oktaviany. 2019. Berpikir Untuk Memilih Fokus Yang Benar Ditinjau Dari Teori Belajar Konstruktivisme. Kupang: OSF Preprints.
Muhammad Fathurroh & Mansutistyorini. 2012. Belajar Dan Pembelajaran Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sesuai Standar Nasiona. Yogyakarta: Penerbit Teras.
Muis, Muhamad Sri Danga &. Andi Abd. 2015. Teori Belajar Dan Pembelajaran. edited by Ammaludin. Makasar: Sibuku.
Mulyani, Shakinah Natunnada, Nurull Hasya. 2021. Teori-Teori Pendidikan. Bogor.
Non Syafriafdi. 2020. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran.†Jurnal AL-Aulia 06(02):1–8.
Parta, I. Nengah. 2017. Model Pembelajaran Inkuiri. Malang: Universitas Negeri Malang.
Reno Fernandes. 2019. “Relevansi Kurikulum 2013 Dengan Kebutuhan Peserta Didik Di Era Revolusi 4.0.†Jurnal Socius: Journal Of Sociology Research and Education Volume 6(2):1–13.
Ritonga, Nova, Juliandes Leonardo Trisno Mone, Mathan Yunip, and Yunardi Kristian Zega. 2021. “Implementasi Metode Problem Solving Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Di Sekolah.†Jurnal Shanan 5(1):29–42.
Sianipar, Desi, Johanes Waldes Hasugian, Wellem Sairwona, Yunardi Kristian Zega, and Nova Ritonga. 2021. “Classroom Management of Christian Religious Education During the Covid-19 Pandemic.†Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences 4(4):7585–96.
Sianipar, Desi, Yunardi Kristian Zega, Luterius Nehe, and Kristiantoro. 2020. “Pelatihan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Remaja Di HKBP Jatisampurna Bekasi.†JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, Terkhusus Bidang Teknologi, Kewirausahaan Dan Sosial Kemasyarakatan 2(2):447–57.
Simanjuntak, Ramses. 2018. “Mengenal Teori-Teori Belajar.†SANCTUM DOMINE: JURNAL TEOLOGI 7(1):47–60.
Syamsuar & Reflianto. 2018. “Pendidikan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi DI Era Revolusi Industri 4.0.†E-Tech:Jurnal Teknologi Pendidikan Volume 6(2):1–13.
Thalib, Syamsul Bachr. 2010. Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana.
Waras Hamdi. 2011. “Paradigma Baru Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan: Kerangka Pikir Inovasi Pembelajaran.†Jurnal Teknologi, Kejuruan Dan Pengajarannya Volume 34(1):81–90.
Widyastuti Ana. 2020. Pengantar Teknologi Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Willy F. Maramis & Albert A. Maramis. 2009. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa. Surabaya: Airlangga University Press.
Yanti Rosinda Tinenti. 2021. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) Dan Penerapannya Dalam Proses Pembelajaran Kelas. Sleman: Deepublish.
Yaumi, Muhammad. 2018. Media & Teknologi Pembelaran. Jakarta: Prenamedia Group.
Yulia Susanti Pingga. 2021. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen.†Harati: Jurnal PendidikanKristen Volume 1(2):202–22.
Zaluchu, Sonny Eli. 2021. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.†Jurnal Teologi Berita Hidup 3(2):249–66.
Zega, Yunardi Kristian. 2020. “Teori Perkembangan Iman Remaja Menurut James W. Fowler Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Agama Kristen.†Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio 12(2):140–151.
DOI: https://doi.org/10.53547/rdj.v2i1.150
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address:Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.
Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/index
e-ISSN: 2774-2512
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REAL DIDACHE: Journal of Christian Education. All Rights Reserved.