Analisis Keseimbangan Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik dalam Muatan Ekologi pada Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Sekolah Menengah Atas
Abstract
Knowledge of what environmental care is does not automatically make a person care for the environment in his actions. For this reason, it is necessary to have an education that is holistic, that is, that touches on cognitive, affective, and psychomotor aspects. With a holistic approach learner are not only able to understand but also behave and act positively towards the environment in which they live. In the context and practice of Christian religious education, it is necessary to have holistic ecological education as stated in the ecological content. To find out this, the author analyzes the ecological content in the high school Christian religious education curriculum, in order to find out the balance of its domains. From this analysis, it is proven that the ecological content in the curriculum of Christian religious education at the high school level tends to be cognitive and not holistic.
Keywords: affective; ecological; balance; cognitive; psychomotor
Abstrak
Pengetahuan tentang apa itu peduli lingkungan tidak otomatis menjadikan seseorang peduli lingkungan dalam tindakannya. Untuk itu, perlu pendidikan yang bersifat holistik, yaitu yang menyentuh aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dengan pendekatan yang holitik peserta didik tidak hanya mampu memahami tetapi juga bersikap dan bertindak positif terhadap lingkungan di mana mereka tinggal. Dalam konteks dan praktik pendidikan agama Kristen perlu adanya pendidikan ekologi holistik yang tertuang dalam muatan ekologi. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis melakukan analisa terhadap muatan ekologi pada kurikulum pendidikan agama Kristen sekolah menengah atas, guna mengetahui keseimbagan ranah-ranahnya. Dari analisa tersebut, terbukti muatan ekologi dalam kurikulum pendidikan agama Kristen tingkat sekolah menengah atas cenderung bersifat kognitif dan tidak bersifat holistik.
Kata kunci: afektif; ekologi; keseimbangan; kognitif; psikomotor
Full Text:
PDF (B.INDONESIA)References
Ahdiat, A. (2019). 10 Penyebab Deforestasi di Indonesia, Dari Sawit hingga Lapangan Golf,. Www.Kbr.Id. https://kbr.id/nasional/02/2019/10_penyebab_deforestasi_di_indonesia__dari_sawit_hingga_lapangan_golf/98797.html.
Alpusari, M. (2013). Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau, 2(2).
Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Kencana.
Baderi, F. (2018). Kerusakan Lingkungan Hidup di Indonesia. https://www.neraca.co.id/article/103146/kerusakan-lingkungan-hidup-di-indonesia
Borrong, R. P. (2017). Etika Bumi Baru. BPK Gunung Mulia.
Chang, W. (2014). Metodologi Penulisan Ilmiah. Erlangga.
Guza, A. (2008). Standar Nasional Pendidikan. Asa Mandiri.
Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2017). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Rosdakarya.
Hasim, M. (2015). Potensi Radikalisme Di Sekolah Studi Terhadap Buku Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar. Edukasi, 13(2).
Ibrahim, M. (n.d.). Hakikat Kurikulum dan Pembelajaran. http://repository.ut.ac.id/4283/1/PEBI4303-M1.pdf
Kasenda, L. M. S. R. S. dan V. T. (2016). Sistem Monitoring Kognitif, Afektif dan Psikomotorik Siswa Berbasis Android. E-Journal Teknik Informatika, 9(1).
Mali, M. (2008). Ekologi dan Moral. In A. E. K. Sunarko. A. (Ed.), Menyapa Bumi Menyembah Hyang Ilahi: Tinjauan Teologis Atas Lingkungan Hidup. Kanisius.
Mardikarini, S. dan S. (2016). Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2), 263.
Maulana, A. (2020). Pandemi Covid-19, Cermin Hubungan Nirharmonis Manusia dengan Alam. https://www.unpad.ac.id/2020/10/pandemi-covid-19-cermin-hubungan-nirharmonis-manusia-dengan-alam/
Nailufar, N. N. (2022). Bahan Bakar Fosil: Minyak Bumi, Batu Bara, dan Gas Alam. https://www.kompas.com/skola/read/2020/05/10/170000569/bahan-bakar-fosil-minyak-bumi-batu-bara-dan-gas-alam?page=all (diakses 27 Juli 2020).
Pasang, H. (2011a). Mengasihi Lingkungan: bagaimana orang Kristen, Keluarga dan Gereja Mempraktikaan kebenaran Firman Tuhan untuk menjadi Jawaban atas krisis Ekologi dan Perubahan Iklim di Bumi Indonesia. Literatur Perkantas.
Pasang, H. (2011b). Mengasihi Lingkungan. Literatur Perkantas.
Pazmino, R. W. (2012). Fondasi Pendidikan Kristen. BPK Gunung Mulia & STT Bandung.
Peraturan Pemerintah (PP) No. 55 Tahun 2007: Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.
Prasetyo, K. & H. (2018). Pendidikan Lingkungan Indonesia: Dasar Pedagogi dan Metodologi. Rosdakarya.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal of Christian Education, 2(1), 1. https://doi.org/10.46445/djce.v2i1.396
Rahamawati, G. (2015). Buku Teks Pelajaran Sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. EduLib, 4(1), 104.
Ross, A. (2000). Curriculum: Construction and Critique. Falmer Press.
Sari, M. dan A. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53.
Saud, U. S. dan M. S. (2021). Pendidikan Dasar dan Menengah [UPI Universiti]. http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/195306121981 031-UDIN_SYAEFUDIN
Setiawan, S. A., & Pujiono, A. (2021). Urgenitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen dalam pelayanan anak sekolah Minggu. Jurnal Teologi Injili, 1(2), 102–110. https://doi.org/10.55626/jti.v1i2.10
Sukanti. (2011). Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(1), 74.
Uchem, R. (2013). The National Christian Religious Studies Curriculum And The Imperative For Change In An Era Of Globalization. Asian Academic Research Journal of Multidisciplinary (AARJMD), 1(16).
un.org. (n.d.). Rate of Environmental Damage Increasing Across Planet but Still Time to Reverse Worst Impacts View Larger Image. Retrieved May 23, 2022, from https://www.un.org/sustainabledevelopment/blog/2016/05/rate-of-environmental-damage-increasing-across-planet-but-still-time-to-reverse-worst-impacts/
Widyastono, H. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah, dariKurikulum 2004, 2006, Ke kurikulum 2013. Bumi Aksara.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.241
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By:
Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address:Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.
Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/index
e-ISSN: 2774-2512
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REAL DIDACHE: Journal of Christian Education. All Rights Reserved.