Inovasi Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa: Suatu Analisis Pendidikan Agama Kristen

Esti Regina Boiliu, Sozawato Telaumbanua

Abstract


In the current new normal era, digital learning innovation is one of the hopes in increasing the motivation to learn from students. Thus, educators, including Christian educators, must be able to make interesting innovations in learning either naturally, with conventional tools or technology in the surrounding environment, or use digital technology that can be in the form of qualified electronic objects in order to support the learning process. The purpose of this study is to encourage educators, especially Christian educators, to innovate in implementing digital learning. In writing this article, the author uses a qualitative method, by collecting the data needed, be it from journals, proceedings, books, or the internet, which is related to the topic of discussion of this article. The result of this study is to suggest that digital learning innovation will increase student learning motivation.

Keywords: innovation; digital learning; christian education; learning motivation


Abstrak

Era new normal saat ini, inovasi pembelajaran digital menjadi salah satu harapan dalam meningkatkan motivasi belajar dari peserta didik. Dengan demikian, para pendidik, termasuk pendidik agama Kristen harus mampu membuat inovasi-inovasi yang menarik dalam pembelajaran baik secara alami, dengan alat atau teknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar, maupun menggunakan teknologi digital yang dapat berupa benda elektronik yang memenuhi syarat dalam rangka menunjang proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendorong para pendidik, khususnya pendidik agama Kristen, agar berinovasi dalam menerapkan pembelajaran digital. Dalam penulisan artikel ini, penulis menggunakan metode kualitatif, dengan mengumpulkan data yang dibutuhkan baik itu dari jurnal, prosiding, buku, maupun internet, yang berkaitan dengan topik pembahasan artikel ini. Hasil penelitian ini adalah mengemukakan bahwa inovasi pembelajaran digital akan meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: inovasi; pembelajaran digital; pendidikan agama kristen; motivasi belajar


Full Text:

PDF (B.INDONESIA)

References


Afif, N. (2019). Pengajaran dan Pembelajaran di Era Digital. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 2(01), 117-129. https://doi.org/10.37542/iq.v2i01.28

Aisyah, S., & Muhammad Alif Kurniawan. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 1(1), 48-56. https://doi.org/10.32665/jurmia.v1i1.195

Amna Enda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172-182.

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282-289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Baroroh Indiani. (2021). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring era Pandemi. Jurnal Sipatokkong, 1(213–234).

Benyamin, P. I., Sinaga, U. P., & Gracia, F. Y. (2021). Penggunaan “Platform†Digital pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Era Disrupsi. REGULA FIDEI: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 6(1), 60-68. https://doi.org/10.46307/rfidei.v6i1.85

Boiliu, E. R., Boiliu, N. I., & Rantung, D. A. (2022). Teori Belajar Humanistik Sebagai Landasan dalam Teknologi Pendidikan Agama Kristen. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 1767-1774.

Ginanjar, Eggi G. Bambang Darmawan., S. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 206-219.

Hasbi, M., & Sumarni, W. (2020). KendalaPembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 286-291.

Joi Moore, Camile Dickson, K. G. (2021). Pembelajaran Online dan Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Internet and Higher Educatio, 14(129), 129-135.

Kuntum An Nisa Imania dan Siti Khusnul Bariah. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal PETIK, 5(1), 31-47.

Kurniawan, A. (2021). Efektifitas Media Online yang digunakan dalam Proses Pembelajaran Daring. Palapa, 9(1), 18-30. https://doi.org/10.36088/palapa.v9i1.928

Librianty, H. D., & Sumantri, S. (2014). Peningkatan Partisipasi Belajar Melalui Metode Bercakap-Cakap Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 1–8.

Lilik Maryanto, Ninik Setyowani, dan H. M. (2013). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Bermain Peran. Indonesians Journal Of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(3), 1-8.

Lusi Susanti. (2015). Pemberian Motivasi Belajar kepada Peserta Didik Sebagai Bentuk Aplikasi dari Teori-Teori Belajar. Jurnal PPKn Dan Hukum, 10(2), 71-83.

Minsih, & D, A. G. (2018). Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.6144

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.

Muhammad Nasrulloh Mubarak, & Jesica Febriani Nura. (2021). Peningkatan dan Pemerataan Pendidikan Melalui E-Learning. Journal of Computer, Electronic, and Telecommunication, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.52435/complete.v1i1.98

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa dalam Penerapan E-Learning Sebagai (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005) (27-34).

Nasuha, A. M. I., & Suryani, M. (2015). Pengembangan Personalisasi Gaya Belajar pada E-learning dengan Menggunakan Felder Silverman Learning Style Model untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 4(2), 39-44. https://doi.org/10.23887/janapati.v4i2.9772

Santika, I. W. E. (2020). Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Daring. Indonesian Values and Character Education Journal, 3(1), 8-19.

Sozawato Telaumbanua. (2021). Desain Program Pendidikan Agama Kristen bagi Pemuda di Masa Pandemi dan Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Shanan, Vol.5 No.2, 123-136.

Suharni dan Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 131-145.




DOI: https://doi.org/10.53547/rdj.v2i2.242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Indexed By:

              

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam

Address:Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/didache/index
e-ISSN: 2774-2512

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © REAL DIDACHE: Journal of Christian Education. All Rights Reserved.