Pembinaan Karakter Anak melalui Aktivitas Bermain, Drama Fabel dan Kontemplasi di GPIN Bukit Zaitun Bandar Lampung

Serepina Yoshika Hasibuan, Setiaman Larosa

Abstract


love for God. From the evaluation results of Sunday school teachers and parents, it is known that changes in Character building of children can be done in many ways. However, unfortunately there are still not many servants of God who have succeeded in designing an activity that is fun, not boring, full of entertainment but also teaches spiritual character in depth This paper discusses three methods used in children's character-building activities, namely playing activities, staging fable dramas and nights of contemplation. These three events are packaged in such a way in two days to create a fluid atmosphere, fun but also touching the hearts of every child. This character development of children is manifested in the context of Community Service activities carried out by STTMSL lecturers in collaboration with Sunday school teachers at GPIN Bukit Zaitun Panjang on January 14-15, 2021. Through this series of activities, several characters to be built include: honesty, mutual respect, concern and children's behavior and character are seen that are in line with the target of the activity.

Keywords: character building; contemplation; drama; playing

 

Abstrak

Pembinaan karakter anak dapat dilakukan dengan banyak cara. Namun, sayangnya masih belum banyak pelayan Tuhan yang berhasil merancang sebuah kegiatan yang menyenangkan, tidak membosankan, penuh hiburan tetapi juga mengajarkan karakter rohani secara mendalam. Tulisan ini membahas tiga cara yang dipakai dalam kegiatan pembinaan karakter anak yakni aktivitas bermain, pementasan drama fabel dan malam kontemplasi. Ketiga acara ini dikemas sedemikian rupa dalam dua hari untuk membuat suasana cair, menyenangkan tetapi juga menyentuh hati setiap anak. Pembinaan karakter anak ini diwujudkan dalam konteks kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh dosen STTMSL bekerja sama dengan guru-guru sekolah minggu di GPIN Bukit Zaitun Panjang pada 14-15 Januari 2021. Melalui rangkaian kegiatan ini, beberapa karakter yang hendak dibangun antara lain: kejujuran, saling menghargai, kepedulian dan kecintaan pada Tuhan. Dari hasil evaluasi guru sekolah minggu dan orang tua, diketahui bahwa nampak perubahan perilaku dan karakter anak yang mengarah sesuai dengan sasaran kegiatan.

Kata kunci: bermain; drama; kontemplasi; pembinaan karakter


Full Text:

Pdf (B.Indonesia)

References


Ardini, Pupung Puspa. “Pengaruh Dongeng Dan Komunikasi Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia 7-8 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak 1, no. 1 (2015). https://doi.org/10.21831/jpa.v1i1.2905.

Bimo Setyo Utomo, Eddy Tjondro. “Ulangan 31:9-13 Sebagai Landasan Strategi Guru Sekolah Minggu Dalam Mengajarkan ‘Takut Akan Tuhan.’” SIKIP 2, no. 1 (2021): 34–48.

Dewi, Ni Putu Candra Prastya, Ida Bagus Putrayasa dan I Nyoman Sudiana. “Membentuk Karakter Anak Melalui Habituasi Dongeng Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra 8, no. 2 (2021): 68–77.

Djadi, Jermia. “Metode Pastoral Bagi Anak Sekolah Minggu.” Jurnal Jaffrayy 5, no. 1 (2007). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v5i1.120.

Ferianti, Yuli. “Pentingnya Etika Kristen Dalam Pendidikan Agama Kristen Terhadap Anak Sekolah Mingg Sebagai Dasar Pembentukan.” Inculco Journal Of Christian Education 1, no. 2 (2021): 1–14.

Ipiana,Reni Triposa, gloria G Lumingkas. “Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Membangun Karakter Anak Sekolah Minggu Di Era 4.0.” Discreet 1, no. 1 (2021): 25–37.

Manurung, Rismag Dalena Florentina Monica Br, Jenri Prada Sibarani, Betaria Siahaan, Sylvia Natalia, Ivan Ivan, Yunardi Kristian Zega, and Daniel Agustin. “Keterlibatan Guru Dalam Pelayanan Ibadah Sekolah Minggu: Upaya Membentuk Karakter Anak Melalui Metode Bermain Di Pulau Teluk Nipah.” REAL COSTER: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 4, no. 2 (2021): 66–73. https://doi.org/10.53547/rcj.v4i2.148.

Media K3R Rehobot K3B. “Membangun Umat Kerajaan Sorga Dalam Kebenaran,” 2016.

Sudipan, Surja. “Kajian Pastoral Terhadap Doa Kontemplasi Dalam Kekristenan.” STT Amanat Agung, 2013.

Sungga, Emanuel Yoseph. “Memahami Urgensi Kesunyian Kontemplatif Dalam Karya Pelayanan Rubiah OCD Bajawa Dan Relevansinya Bagi Umat Beriman.” Sekolah Tinggi Filsafat Katolik Ledalero, 2020.

Widyastuti, Ika, Agdya Mayang Savitri, Diar Ayu Prastianing Tyas, and Sinta Nistiana. “Optimalisasi Sekolah Permainan Tradisional Sebagai Wahana Pendidikan Karakter.” Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran 2, no. 2 (2020): 42–47.




DOI: https://doi.org/10.53547/real%20coster.v5i2.178

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Indexed By:

            

Published: Sekolah Tinggi Teologi Real Batam
Address: Jl. Ahmad Yani, Komplek House of Glory Belakang Ruko Eden Park, Taman Baloi, Batam Kota, Batam City, 29432
Kec. Batam Kota, Kotamadaya Batam, Kepulauan Riau.

Website E-Jurnal: https://ojs.sttrealbatam.ac.id/index.php/coster
e-ISSN: 2807-6044

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Copyright © Real Coster : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. All Rights Reserved.